Biografi R.K Laxman kartunis terkenal asal India

Rasipuram Krishnwamy Laxman adalah seorang kartunis dan ilustrator asal India. R.K Laxman lahir pada 24 Oktober 1921 di Mysuru, India. 

Laxman memulai karirnya bekerja separuh waktu sebagai kartunis disurat kabar dan majalah. Dia bekerja sebagai kartunis politik untuk The Free Press Journal di Mumbai, kemudian dia bergabung dengan majalah The Times of India dan menjadi terkenal karena membuat karakter Common Man.
Bakat menggambarnya terlihat ketika Laxman masih kecil bahkan ketika dia belum bisa membaca, dia sudah suka mencoret-coret dinding, lantai dan pintu rumahnya. Pada saat sekolah Laxman sering membuat karikatur gurunya dan banyak menerima pujian dari guru dan teman-temannya.



Karya-karya Laxman sangat dipengaruhi oleh kartunis asal Inggris yang sangat terkenal yaitu Sir David Low. Laxman adalah pembuat maskot populer untuk kelompok Asia Paints yang disebut Gattu pada tahun 1954, selain menggambar Laxman juga menulis beberapa Novel.



Laxman meninggal dunia pada usia 94 tahun di Denanath Rumah sakit Mangeshkar di Pune pada 26 Januari 2015 kemarin. Awalnya dia dirawat di Rumah sakit pada 23 Januari karena infeksi saluran kemih dan masalah dada terkait yang menyebabkan kegagalan multi organ. Memang sejak awal Laxman dilaporkan menderita stroke sejak tahun 2010.

Demikianlah  Biografi R.K Laxman kartunis terkenal asal India, semoga artikel ini dapat memberi wawasan dan inspirasi buat Anda. Selamat berkarya dan semangat.

Bagikan artikel ini ke teman-teman

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial:Membuat poster dengan Photoshop.

Teori lingkaran warna

Menggambar ikon baju pelampung di Photoshop