Tips jitu memilih nama domain terbaru

Untuk membangun sebuah blog/website yang unik dibutuhkan sebuah nama domain. Blog/website akan terlihat professional dengan menggunakan nama domain custom. Apa saja tips untuk memilih nama domain? Berikut pemaparannya :


Sebelumnya kita bahas dahulu apa yang disebut nama domain. Menurut Wikipedia “Nama domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengindentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server dijaringan komputer atau pun internet”.

Dengan kata lain yang lebih singkat nama domain adalah alamat sebuah blog/website contohnya lordgodc.com

Berikut ini tips untuk memilih nama domain :


1. Pilih nama domain sesuai dengan nama kamu atau isi blog/website kamu misal bila kamu membangun sebuah blog/website tentang dunia desain, kamu harus memilih nama domain yang berhubungan dengan desain seperti desainku.com, desainoriginal.com dll, atau kamu ingin membangun blog pribadi bisa menggunakan nama kamu sendiri misalnya saja www.lordgodc.com Lord : itu adalah istilah umum yang diterapkan untuk orang-orang yang memegang gelar-gelar bangsawan atau orang yang dihormati sedangkan Godc adalah nama panggilan kecil saya, penambahan Art bertujuan bahwa blog ini berhubungan dengan seni. Harapannya sesuai dengan filosofi diatas lordgodc.com menjadi blog yang dapat berkembang dan bermanfaat untuk orang banyak didunia internet khususnya desain.

2. Pilihlah nama domain yang singkat sehingga mudah untuk diingat, nama domain yang terlalu panjang akan membuat bingung dan mudah dilupakan.

3. Nama domain sebaiknya berekstensi dot com karena paling mudah diingat dan bersifat umum/popular.

4. Jangan pernah menggunakan nama domain yang merupakan merek produk suatu perusahaan seperti Photoshop misalnya belajarphotoshop.com, photoshoplist.com dll. Photoshop merupakan merek produk dari Adobe jangan pernah berpikir untuk menggunakan nama domain yang mirip dengan domain tersebut karena kemungkinan besar kamu akan dituntut oleh Adobe pemilik merek tersebut.

5. Gunakan nama domain yang mudah di eja, nama yang sulit di eja akan menyusahkan kamu dan pengunjung blog/website kamu contonya blog ini lordgodc.com

6. Apabila membeli nama domain sebaiknya diperusahaan yang sama dengan layanan hosting, maka pastikan bahwa kita bisa menjadi pemilik nama domain tersebut. Artinya jika suatu saat kita memutuskan p ndah dari perusahaan webhosting sebelumnya, maka kita bisa membawa serta kepemilikan nama domain.

7. Luangkan waktu untuk mencari nama domain yang unik, ada banyak alat bantu yang dapat kita gunakan, seperti Overture suggestion tools. Melalui tool ini kita dapat mengetahui berapa banyak kata atau term di cari oleh pengguna internet dari seluruh dunia.

8. Sebaiknya nama domain tidak menggunakan angka atau symbol kecuali nama domain yang kamu inginkan sudah digunakan oleh orang lain, kamu bisa mencari alternatif lain dengan menambahkan angka atau symbol misal lordgodc21.com atau lord_godc.com.

9. Saya menyarankan kepada Anda apabila ingin membeli nama domain sebaiknya di tempat hosting domain terpercaya contohnya Dapur hosting, situs saya ini menggunakan jasa Dapur hosting, selain terpercaya responnya pun begitu cepat.




Semoga tips ini dapat membantu kamu dalam menentukan nama domain yang sesuai dengan produk atau bisnis kamu. Sukses selalu.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial:Membuat poster dengan Photoshop.

Teori lingkaran warna

Menggambar ikon baju pelampung di Photoshop