Wawancara dengan Bayu Santosa pemenang desain cover Maroon 5

Bayu santosa adalah mahasiswa Desain komunikasi visual, fakultas seni rupa, Institut Seni Indonesia (ISI) Jogyakarta. Yang membuatnya istimewa saat ini adalah Bayu terpilih menjadi pemenang desain cover untuk group musik asal Amerika Maroon 5. Secara tidak sengaja kami bertemu di Facebook dan berlanjut menjadi wawancara ini.






Berikut wawancara kami dengan Bayu Santosa :

 

Q- Hai Bayu. Terima kasih atas kesediaan Anda melakukan wawancara ini. Sebelum dilanjutkan, silakan perkenalkan siapa Anda dan aktivitas yang Anda lakukan saat ini?



Nama saya Bayu Santoso karena kesalahan penulisan dalam ijasah SMP jadi Bayu Santosa, kalau di Facebook Bayu Santossa (menggunakan double S) karena kalau Bayu Santosa sudah banyak yang menggunakan nama itu jadi pas diketik pencarian teman akan banyak banget yang keluar. Gale itu Nickname yang artinya badai/topan, sama seperti pengertian nama Bayu Santoso dalam bahasa Indonesia.





Q- Akhir-akhir ini nama Anda begitu popular karena telah memenangkan kontes membuat cover Maroon bertajuk V. Bisa ceritakan sedikit bagaimana Anda bisa mengikuti kontes tersebut?



Saya mengetahui kontes tersebut dari seorang teman, dari Facebooknya Maroon 5 juga dari situs desain yang pernah saya ikuti kontesnya, saya mengikuti kontes tersebut karena saya tertarik dan iseng-iseng ikut saja.



Q- Jelaskan sedikit tentang desain yang Anda buat di kontes itu?


Saya membuat kepala Harimau yang disusun dari motif-motif ornament yang dipadukan, saya buat desain itu karena saya suka.
 



Q- Berapa lama Anda mengerjakan desain itu dari awal mendapatkan ide, hingga proses pembuatan? Bisa diceritakan sedikit.


Kalau ide sudah ada sejak tanggal 1 September hanya pengerjaannya seminggu sebelum tanggal 30, saya mengerjakan desain itu tidak nonstop ada jeda dan dikerjakan santai, sempet stuck juga tetapi karena orang-orang sekitar memberi support akhirnya saya lanjutkan saja.
  


Q- Desain kepala Harimau itu menurut saya sangat indah dan mempunyai nilai seni yang tinggi, Bisa diceritakan software apa yang digunakan dan bagaimana proses kreatif di balik pembuatan karya tersebut?



Saya menggunakan Adobe Photoshop CS3 kok dan sekarang masih terus belajar Photoshop. Sebenarnya saya memang sedang suka membuat gambar Harimau beberapa karya saya sebelumnya juga Harimau, hanya saja untuk desain ini saya buat berbeda dari biasanya, agak susah juga pas stuck saya buka buku ornamen-ornamen Indonesia dan luar negeri dari sana saya mendapatkan inspirasi dan terus mengalir sampai desain tersebut selesai. 



Q- Untuk memotivasi teman-teman desain lainnya. Apa yang Anda dapat dari memenangkan kontes desain tersebut?


Saya mendapatkan 2 Tiket konser Maroon 5 dimana pun mereka konser, Merchandise mereka Tshirt album dan uang, uangnya sih ngga terlalu banyak tapi manfaatnya benar-benar besar, saya ngga nyangka kontes yang saya ikuti akan menempatkan saya pada keadaan yang seperti sekarang ini, Terima kasih ALLAH SWT.



 

Q- Apakah sebelumnya Anda pernah memenangkan kontes seperti ini? Kalau pernah kontes apakah itu?


Saya pernah beberapa kali menang kontes tapi yang sebelum ini saya menang membuat poster musisi legendaris Amerika Billy Joel.

 

 

Q- Dari mana Anda biasa mencari inspirasi untuk projek gambar Anda?


Untuk mendapatkan inspirasi saya sering jalan-jalan disekitar Jogja, ke kampung-kampung, ke hutan, naik motor keliling tempat wisata, menyendiri dan mengurangi menonton tv.

 


Q- Menggambar adalah proses yang rumit dan tidak semua orang bisa melakukannya. Ada tips bagi mereka yang ingin belajar menggambar secara digital? 

Latihan terus menerus dan berani mencoba adalah kuncinya, jadikan komentar negatif sebagai acuan untuk lebih baik lagi kedepannya.
  


Q- Bisa minta daftar dari jaringan-jaringan sosial tempat kami dapat menemukan Anda?

 






Q- Terima kasih atas kesempatan yang telah Anda berikan. Ada saran, tips, atau pesan untuk teman-teman Lordgodc Art/pekerja desain grafis?


ehmmm jangan pernah menutup kesempatan, jangan lelah untuk selalu mencoba, yakin pada diri sendiri, mencari teman atau pacar yang selalu support hal-hal positif yang kita lakukan. 




Demikianlah wawancara kami dengan Bayu Santosa semoga bermanfaat dan menginspirasi kita semua. Terima kasih.


Post populer lainnya :



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial:Membuat poster dengan Photoshop.

Teori lingkaran warna

Menggambar ikon baju pelampung di Photoshop